Guide Gunung Merbabu : Jangan Takut Mendaki !!!

Mendaki Gunung Merbabu, Puncak Syarif dan Kenteng Songo!!
Guide Gunung Merbabu dan Porter Pendakian Merbabu
Hubungi 085.643.455.685 # 7A722B86 

Jangan Takut Mendaki!
Ini Panduan Mendaki Gunung Merbabu
panduan-mendaki-gunung-merbabu2

Travel Blog Reservasi – Bagi kalian yang hobi naik gunung pasti tidak asing dengan gunung satu ini, yaitu gunung Merbabu yang terletak diantara Kabupaten Magelang, Salatiga dan Boyolali, Jawa Tengah,  gunung satu ini terkenal dengan pemandangannya yang super indah, bahkan menurut sebagian pendaki yang sudah pernah mendaki di hampir semua gunung Jawa Tengah mengatakan jika gunung Merbabu merupakan gunung terindah di Jawa Tengah.

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142 Mdpl, termasuk gunung yang memiliki tinggi diatas rata-rata ditambah lagi jalurnya yang tidak terlalu sulit dengan pemandangan yang sangat indah, salah satunya gunung Merapi yang terlihat jelas didepan mata. tak hanya itu, di gunung ini juga terdapat beberapa kawah, seperti kawah Condrodimuko, Kombang, Sumbernyowo, dan Rebab.

panduan-mendaki-gunung-merbabu4

Gunung Merbabu sendiri memiliki beberapa jalur yang bisa kita pilih, diantaranya;

  • Jalur Selo (Boyolali)
  • Jalur Tekelan (Kopeng, Salatiga)
  • Jalur Suwanting (Magelang)
  • Jalur Wekas (Magelang)
  • Jalur Chuntel (Magelang)
Nah, dari kelima jalur diatas, jalur pendakian dari Kecamatan Selo yang menjadi favorit sebagian besar pendaki, selain jalurnya yang tidak terlalu sulit pemandangannya juga terbilang sangat indah, Selo merupakan sebuah Kecamatan di Boyolali, sedangkan Basecamp Selo terletak di desa Genting, Selo.

Untuk menuju ke basecamp Selo sendiri tidaklah sulit, bisa kita jangkau dari Magelang ataupun Boyolali, bagi kalian yang menggunakan transportasi umum, kalian bisa naik bus jurusan Magelang-Boyolali kemudian turun di pasar Selo, darisini tidak ada transportasi umum untuk menuju Basecamp, jadi pilihannya hanya menggunakan ojek atau jalan kaki, namun disarankan untuk menggunakan ojek karena Basecamp masih cukup jauh dengan jalan yang naik turun.

Bagi kalian yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk memilih menggunakan motor karena jalurnya kecil, hanya cukup dilewati satu mobil saja, kalian bisa melalui kota Salatiga lalu memilih jalan menuju ke Ampel, Boyolali, disarankan untuk bertanya kepada warga sekitar karena jalurnya yang banyak tikungan, jalur ini biasa dilalui oleh truk-truk pengangkut pasir, kalian bisa mengikuti truk tersebut hingga sampai di pasar Cepogo lalu ambil arah kanan hingga kalian sampai di polsek Selo.

panduan-mendaki-gunung-merbabu3

Atau bila kalian dari kota Kopeng, bisa mengambil jalur menuju ke arah Ketep Pass, setelah beberapa meter melewati Ketep Pass kalian akan bertemu dengan pertigaan, lalu ambil jalur kiri, ikuti saja jalur tersebut hingga sampai di polsek Selo, atau kalian bisa bertanya dengan orang orang sekitar bila kurang yakin.
Kendala saat melalui jalur pendakian via Selo adalah jalan menuju Basecampnya yang cukup sulit, namun tetap saja banyak pendaki yang mem-favoritkan jalur ini karena keindahan alamnya, nah sesampainya di Basecamp kalian akan melihat tidak hanya ada satu Basecamp saja, ada beberapa Basecamp yang bisa kita pilih untuk istirahat.

Retribusi pendakian gunung Merbabu adalah Rp. 15.000/orang dengan parkir motor Rp. 3.000 di gunung Merbabu tidak diberlakukan sistem kuota, jadi tidak ada batasan berapa jumlah pendaki yang boleh naik di gunung ini.

panduan-mendaki-gunung-merbabu1
Dibawah ini merupakan perkiraan saat mendaki via jalur Selo.

BASECAMP  – POS 1

Estimasi pendakian Merbabu melalui jalur Selo sekitar 8-9 jam sampai puncak, gerbang pendakian terletak beberapa meter dari Basecamp, jalur yang kita lalui dari Basecamp sampai pos 1 merupakan jalur datar dengan sedikit menanjak, pemandangan hutan pinus diawal dan hutan hijau akan menemani kalian sampai di pos 1 dengan estimasi waktu kurang lebih 2,5 jam.

POS 1 – POS 2

Dari Pos 1 menuju Pos 2 jalur masih terbilang landai dengan sedikit tanjakan,  pemandangan sepanjang jalur sedikit lebih terbuka daripada saat menuju ke Pos 1, kalian akan disuguhi pemandangan hutan hijau dengan bukit Pos 3 yang mulai terlihat, sebelum sampai di Pos 2 kita akan melewati sebuah tanjakan yang merupakan tanjakan terberat menuju ke Pos 2, di Pos 2 terdapat lahan yang cukup luas jadi bisa digunakan untuk mendirikan beberapa tenda, estimasi waktu untuk sampai di Pos 2 sekitar 30 menit.

POS 2 – POS 3

Nah, mulai dari Pos 2 ini jalur akan lebih banyak menanjak daripada landainya, ditambah lagi jalur yang kita lewati sedikit licin apalagi saat musim hujan, namun pemdangan yang ditawarkan juga tak kalah indah, mulai dari sini kita akan mendapatkan pemandangan indah hingga puncak.

Pos 3 sendiri berupa sebuah puncak bukit yang sangat luas dan bisa digunakan untuk mendirikan banyak tenda, namun karena sangat terbuka jadi cukup bahaya saat terjadi badai, dari sini kita sudah bisa melihat megahnya gunung Merapi, kalian tinggal naik saja ke sebuah bukit di sebelah kiri, dari situ gunung Merapi akan terlihat sangat indah dengan dikelilingi awan, tentunya jika tidak ada kabut, estimasi waktu untuk sampai di Pos 3 sekitar 1 jam.

POS 3 – SABANA 1

Inilah jalur yang paling berat saat mendaki gunung Merbabu via Selo, dari Pos 3 kita harus melewati jalur yang sangat menanjak dengan kemiringan lebih dari 60 derajat, banyak pendaki yang mengatakan jika jalur inilah yang paling berat saat mendaki Merbabu via Selo.

Namun kita akan disuguhi pemdangan yang luar biasa hingga Sabana 1, deretan kebun bunga Edelweis akan menemani kita sampai di atas bukit tersebut, dari atas bukit itu biasanya para pendaki menyaksikan keindahan sunset di Merbabu dengan gunung Merapi yang dikelilingi awan, estimasi waktu untuk sampai di Sabana 1 sekitar 2 jam.

SABANA 1 – SABANA 2

Sabana 1 merupakan sebuah lahan sebesar lapangan dengan pemandangan rerumputan hijau dan beberapa bukit, disini bisa kalian gunakan untuk mendirikan tenda, dinamakan sabana karena sejauh mata memandang kita bisa melihat rerumputan hijau layaknya sebuah padang sabana rumput.

Sebagian pendaki pemula biasa hanya sampai di sabana 1 saja, selain treknya yang melelahkan, pemandangan di sabana 1 juga sudah cukup memuaskan dahaga mereka, lokasi ini wajib kamu gunakan untuk berfoto ria, perjalanan menuju ke Sabana 2 kalian harus menuruni dan mendaki bukit lagi, tapi tenang walaupun jalurnya cukup licin namun tidak terlalu menanjak, estimasi waktu untuk sampai di Sabana 2 sekitar 1 jam.

SABANA 2 – PUNCAK

Sebagian besar pendaki memilih untuk mendirikan tenda terakhir sebelum summit attack di Sabana 2, selain tempatnya yang sangat luas, pemandangannya juga sangat indah, disini kita bisa melihat bunga Edelweis yang tumbuh subur dan tinggi, selain itu padang rumput didepan mata juga sangat menarik untuk diabadikan kedalam kamera.

Untuk menuju puncak dari sabana 2 membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jalur berfariasi, mulai dari menurun, landai hingga menanjak, sebenarnya kita bisa mendirikan tenda di Watu Lumpang, yaitu sebuah tempat terakhir sebelum sampai puncak, namun kita harus menuruni bukit dan melewati tanjakan yang cukup tinggi terlebih dahulu, biasanya pendaki mulai summit attack jam 3 pagi.

Gunung Merbabu memiliki 3 puncak, yaitu puncak Kenteng Songo yang berada di tengah (3.142 Mdpl), Triangulasi yang berada di kiri (3.142 Mdpl), dan puncak Syarif yang berada di kanan (3.119 Mdpl) biasanya pendaki memilih berada di puncak Kenteng Songo karena tepat berada di belakang gunung Merapi.

Nah bagi kalian yang ingin mendaki di gunung Merbabu via Selo, jangan lupa membawa logistik dan perbekalan air yang cukup karena tidak terdapat sumber air sepanjang jalur hingga puncak, disarankan juga untuk mendirikan tenda terakhir di Sabana 2 saja.

Perkiraan Durasi Perjalanan

  • Basecamp – Pos 1 : 2,5 jam
  • Pos 1 – Pos 2 : 30 menit
  • Pos 2 – Pos 3 : 1 jam
  • Pos 3 – Sabana 1 : 2 jam
  • Sabana 1 – Sabana 2 : 1 jam
  • Sabana 2 – Puncak Kenteng Songo : 2 jam
  • Total Perjalanan : 9 jam berjalan santai
bayu
Bayu Aji Saputro
*Disclaimer, semua isi konten merupakan tanggung jawab kontributor.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda.


Climb Mount Merbabu, Peak Sharif and Kenteng Songo !!
Guide Merbabu and Porter Ascent Merbabu
Contact 085,643,455,685 # 7A722B86

Do not Fear The hike!
It's Free Climb Mount Merbabu
Travel Story by Reservasi.com on 11 March 2016

Travel Blog Reservations - For those of you who like to climb the mountain must be familiar with mountain this one, on Mount Merbabu which is located between the district of Magelang, Salatiga and Boyolali, Central Java, one mountain is famous for the scenery that is super beautiful, even according to some climbers already never hiked in almost all the mountains of Central Java said that if the mountain Merbabu is the most beautiful mountain in Central Java.Merbabu has an altitude of 3,142 masl, including a high mountain which has a more than average plus the track is not too difficult with a very beautiful view, one of Mount Merapi is seen clearly in front of the eye. not only that, in the mountains there are also some craters, like the craters Condrodimuko, Kombang, Sumbernyowo, and fiddle.
 
mountain-climbing-guide-merbabu4Merbabu itself has several paths we can choose, among others;

  1.     Hiking Selo (Boyolali)
  2.     Hiking Tekelan (Kopeng, Salatiga)
  3.     Hiking Suwanting (Magelang)
  4.     Hiking Wekas ​​(Magelang)
  5.     Hiking Chuntel (Magelang)
Well, from the five lines above, the hiking trail from the District Selo is a favorite of most climbers, other than the track is not too difficult landscape is also spelled out very beautiful, Selo is a District in Boyolali, while Basecamp Selo is located in the village of Genting, Selo.To go to basecamp Selo itself is not difficult, we can reach from Magelang or Boyolali, for those of you who use public transportation, you can ride the bus majoring in Magelang, Boyolali and then down in the market Selo, darisini no public transportation to get to Basecamp, so the choice is only using a motorcycle or on foot, but it is recommended to use a motorcycle taxi for Basecamp still quite far by road up and down.For those of you who want to use private vehicles, it is advisable to choose a motorbike because the track is small, only wide enough for one car, you can go through the town of Salatiga and then choose the road to Ampel, Boyolali, it is advisable to ask the local people because the track is a lot of corners, the usual path traversed by trucks of sand, you can follow the truck to get to the market Cepogo then take the right direction until you arrived at the police station Selo.
Or if you are out of town Kopeng, could take the path towards Ketep Pass, after a few meters past Ketep Pass you will meet with a fork, then take the left lane, follow the path to reach the police station Selo, or you can ask the people around when less sure.The current constraints via a hiking trail via Selo is the way to base camp is quite difficult, but still a lot of climbers who mem-favorites in this line because of its natural beauty, well when he got in Basecamp you will see not only one Basecamp alone, there are several Basecamp can we choose to break.Retribution mountaineering Merbabu is Rp. 15,000 / person with motorcycle parking Rp. 3000 in the mountain Merbabu not enforced quota system, so there is no limit how many climbers are allowed to ride on the mountain.
Below is an estimate when climbing via the path Selo.

BASECAMP - POS 1Estimates Merbabu through Selo ascent about 8-9 hours up to the peak, climbing the gate is located a few meters from Basecamp, the path we've been through from Basecamp to post 1 is a flat track with a slightly uphill, view of the pine forest and the beginning of a green forest will accompany you got post 1 with estimated time of approximately 2.5 hours. 
POS 1 - POS 2From the Post 1 to Post 2 lines still fairly gentle with a slight incline, the scenery along the track a little more open than when heading to Pos 1, you will be treated to views of green forests with hills Pos 3 is starting to look, before arriving at Pos 2 we will pass a climb a ramp leading to the heaviest Pos 2, Pos 2 there is enough land so it can be used to set up some tents, the estimated time to reach Pos 2 about 30 minutes. 
POS 2 - POS 3Well, starting from Post 2 of this path will be more uphill than landainya, plus the track we pass a little bit slippery especially during the rainy season, but pemdangan offered is equally beautiful, from here we will get a nice view to the top.Pos 3 itself in the form of a hilltop that is very broad and can be used to set up tents, but because it is very open so quite danger during the storm, from here we can see the magnificent Mount Merapi, you are living rose only to a hill on the left, thence Mount Merapi will look very beautiful surrounded by a cloud, of course, if there is no fog, the estimated time to arrive in the post 3 about 1 hour. 
POS 3 - SABANA 1This is the path of least weight when climbing the mountain Merbabu via Selo, from Post 3 we should pass a very uphill path with a slope of more than 60 degrees, many climbers say if the track is the most weight when climbing Merbabu via Selo.But we will be treated pemdangan incredible to Sabana 1, rows of flower gardens Edelweis will accompany us up at the top of the hill, from the top of the hill it is usually the climbers witnessed the beauty of the sunset at Merbabu with Merapi volcano surrounded by clouds, the estimated time to get in Sabana 1 about 2 hours. 
SABANA 1 - SABANA 2Sabana 1 is an area of ​​the field with a view of green grass and some hills, here you could use to set up a tent, called savannas as far as the eye we can see the green grass like a grass savannas.Most novice climbers usual just got savanna 1 alone, in addition to the track exhaustive view of the savannah 1 will suffice quench their thirst, this location shall ye use to take pictures, the way to Sabana 2 you have to go down and up the hill again, but quiet although the track is quite slippery but not too steep, the estimated time to get in Sabana 2 about 1 hour.

SABANA 2 - PEAKMost climbers choose to set up a tent last before the summit attack in Sabana 2, other than the place is very spacious, the landscape is also very beautiful, here we can see the interest Edelweis that grows lush and tall, in addition to the pasture in front of the eye is also very interesting to be immortalized into camera.To the top of the savannah 2 takes about 2 hours to track varies, ranging from declining, gentle slope to climb, in fact we can set up a tent in Watu Lumpang, a last place before reaching the peak, but we have to go down the hill and through the rise enough high first, climbers usually begin summit attack at 3 am.Merbabu has three peaks, the peak Kenteng Songo in the middle (3142 masl), Triangulation located on the left (3142 masl), and peak Sharif on the right (3,119 masl) usually climbers chose to be in peak Kenteng Songo because right are behind Mount Merapi.Well for those of you who want to hike in the mountain Merbabu via Selo, do not forget to bring the logistics and supplies enough water because there are no water sources along the path up to the summit, it is also advisable to set up a tent last in Sabana 2 only.Estimated duration of trip

    
Basecamp - Pos 1: 2.5 hours
    
Pos 1 - Pos 2: 30 minutes
    
Post 2 - Pos 3: 1 hour
    
Pos 3 - Sabana 1: 2 hours
    
Sabana 1 - Sabana 2: 1 hour
    
Sabana 2 - Peak Kenteng Songo: 2 hours
    
Total Travel: 9 hours sauntering
Bayu Aji Saputro@ bayuas06* Disclaimer, all the content is the responsibility of the contributors.No matter where your holiday destination, find the best airfares and hotel reservation just in Reservasi.com. Do not forget to download the app on your smartphone Reserve. If this article helpful to you, please do not forget to subscribe and share to your friends.Do not miss the latest information from the Reserve Travel Blog.source: http://blog.reservasi.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin