Pantai Watukarung, Pantai Yang Direkomendasikan


 Pantai Watukarung, Pantai Yang Direkomendasikan Bagi Yang Suka Mandi Di Laut
Xplore Pesona Wisata Kabupaten Pacitan Jawa Timur

Pantai-pantai di Pacitan merupakan pantai yang berhadapan langsung dengan samudera Indonesia yang biasa juga dikenal dengan sebutan laut selatan. Ciri khas pantai laut selatan adalah ombaknya yang besar dan ganas sehingga di beberapa pantai ada larangan untuk mandi ataupun berenang di pantai. Tetapi tidak semua pantai di Pacitan terlarang untuk direnangi, ada beberapa yang masih bisa untuk bermain air bahkan berenang. Salah satunya adalah Pantai Watukarung.

Pantai Watukarung masih terhitung aman buat berenang
Saat yang tepat untuk mandi di pantai adalah saat menjelang laut surut. Ombaknya sudah tidak begitu besar tetapi kedalamannya masih nyaman untuk direnangi. Area pantai yang tengahlah yang paling cocok untuk bermain air karena dasarnya agak berpasir. Kalau yang sisi barat maupun timur dasarnya berupa batu karang dan terumbu karang sehingga bisa melukai kaki, dan yang terpenting adalah bisa merusak terumbu karangnya.

Saat yang tepat untuk bermain air adalah menjelang laut surut

Selain relatif aman buat bermain air, satu hal lagi yang membuat Pantai Watukarung cocok buat mandi adalah kejernihan airnya. Pantai ini merupakan salah satu pantai di Pacitan yang bersih juga jernih sehingga bisa juga dipakai untuk snorkeling. Pantai ini juga merupakan salah satu spot surfing andalan Pacitan sehingga tidak mengherankan jika banyak dijumpai wisatawan mancanegara surfing di sini.

Wisatawan sedang menikmati suasana Pantai Watukarung
Pantai Watukarung terletak di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku, sekitar 40 Km sebelah barat pusat Kota Pacitan. Ada beberapa lokasi pantai di Watukarung, tetapi yang bagian tengahlah pantai utamanya. Pantai berpasir putih ini punya keunikan berupa batu-batu karang yang terlihat semacam pulau-pulau kecil. Pantai Watukarung juga termasuk salah satu situs geologi dari geopark Gunung Sewu geoarea Pacitan.

Landscape Pantai Watukarung
Dari sisi fasilitas Pantai Watukarung termasuk salah satu pantai dengan fasilitas yang sudah memadai. Di kawasan pantai ini sudah banyak tersedia penginapan berupa homestay mulai dari yang bertarif 100 ribu sampai yang bertarif jutaaan per malam. Fasilitas kamar mandi umum juga banyak tersedia di rumah-rumah penduduk. Pantai ini juga bisa dipakai untuk berkemah. Ada beberapa lokasi yang nyaman digunakan untu mendirikan tenda.

Salah satu lokasi yang bisa dipakai untuk camping

Untuk menuju Pantai Watukarung, rute paling mudah adalah melalui jalur utama Pacitan-Solo (jalur bus). Sampai pertigaan Dadapan ada rute penunjuk arah menuju Pantai Watukarung yang searah juga dengan rute menuju Pantai Srau. Di pertigaan Desa Candi yang kiri menuju Pantai Srau sedangkan yang kanan menurun menuju Pantai Watukarung. Ikuti terus jalan utama maka akan sampai Pantai Watukarung.

Pantai berpasir putih. Pastikan untuk tidak buang sampah sembarangan
Satu hal lagi, Pantai Watukarung juga termasuk salah satu lokasi yang sangat cocok bagi yang suka hunting foto ataupun hanya sekedar menikmati sunset maupun sunrise. Ada banyak lokasi strategis untuk hunting foto dan banyak pula obyek menarik yang bisa dijadikan foreground foto landscape kita.

Sunrise, diambil dari bukit sisi timur Pantai Watukarung
Nah tunggu apalagi, ayo berwisata ke Pacitan dan jangan lupa, Buanglah Sampah Pada Tempatnya. (@rif)

Mari yang ingin ke Pacitan Jawa Timur  bisa menghubungi kami, ^_^

Telp. / SMS / SMS 085 643 455 685 
BBM 7A722B86

sumber : http://www.infopacitan.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin