Pantai Buyutan Pacitan, Warisan Dunia Yang Terus Berbenah

Pantai Buyutan Pacitan, Warisan Dunia Yang Terus Berbenah
Xplore Pesona Wisata Pantai Kabupaten Pacitan Jawa Timur

Pantai Buyutan merupakan nama pantai di Pacitan yang kini mulai tidak asing lagi di telinga para pecinta wisata pantai. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Klayar dan Pantai Banyu Tibo. Aksesnya yang semakin mudah didukung dengan prasarana yang terus dibangun, membuat Pantai Buyutan semakin sering didatangi pengunjung. Dengan semakin banyaknya yang berkunjung, publikasinya pun cepat menyebar baik dari person to person maupun melalui berbagai media baik media massa maupun media sosial.

Landscape Pantai Buyutan, tersembunyi dibawah lahan pertanian
Daya tarik utama Pantai Buyutan adalah batu-batu karang di pantai yang memiliki bentuk yang sangat khas. Selain itu didukung pasir putih, air pantai yang jernih bersih dan tentunya fasilitas alam yang ada seperti ketersediaan sumber air tawar di sekitar pantai.

Watu Narodo, landmark paling khas dari Pantai Buyutan. Menurut mitos setempat, watu ini merupakan mahkota Dewa Narodo yang terjatuh saat terbang di kawasan ini.
Seiring semakin banyaknya pengunjung, tentunya Pantai Buyutan semakin dibenahi. Akses jalan kini sudah dibangun sampai tepi pantai. Fasilitas seperti sarana toilet juga sudah dibangun dan tentunya lagi mulai dibangun juga lapak-lapak pedagang dari penduduk sekitar yang mencoba memanfaatkan peruntungan dari pengunjung yang datang. Bangunan pedagang ini ada yang berupa tenda-tenda, bangunan semi permanen maupun bangunan permanen.

Sarana jalan sudah menjangkau sampai ke tepi pantai
Ada satu hal yang kadang belum diketahui baik oleh pengunjung maupun oleh masyarakat sekitar, yang seharusnya menjadi perhatian bagi kita semua baik pengunjung, masyarakat sekitar maupun pengelola. Satu hal penting ini adalah bahwa Pantai Buyutan sebenarnya termasuk salah satu situs geologi warisan dunia dari Geopark Gunung Sewu Geoarea Pacitan.

Dari sisi geologi, Pantai Buyutan terbentuk karena pengangkatan aktif di sepanjang pantai yang menghasilkan morfologi undak pantai setinggi puluhan meter. Sea stacks (pulau-pulau karang) dengan bentuk yang unik di lepas pantai merupakan sisa-sisa sebuah tanjung kecil yang hancur karena terpaan ombak dalam kurun waktu yang lama.

Hamparan pasir pantai dengan background sea stacks khas Pantai Buyutan
Pantai Buyutan sendiri terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo-Pacitan. Masih satu kawasan dengan Pantai Klayar dan Pantai Banyu Tibo. Akses termudah menuju pantai ini adalah melalui jalur Punung- Gua Gong. Dari kawasan wisata Gua Gong ambil lurus arah ke Kalak/Pantai Klayar. Di perempatan Kalak belok kiri, melewati Pasar Kalak. Setelah pasar ada pertigaan, ambil jalan yang kanan, kalau jalan yang kiri menuju Pantai Klayar dan Ngiroboyo. Ikuti terus jalan utama, sekitar 2 km ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Buyutan. Ikuti terus jalan tersebut nanti akan sampai areal persawahan yang luas. Nah diujung area persawahan itulah letak Pantai Buyutan.

Baca juga: - Pantai Ngiroboyo Pacitan, Mutiara Hitam Pantai Selatan
                 - Gua Gong Pacitan, Gaungnya Semakin Mendunia


Pantai Buyutan dikelilingi tebing-tebing tinggi, dan terletak di bawah area pertanian warga
Kita bisa hanya sampai di ujung area pertanian warga ini untuk menikmati pantai dari atas. Tetapi juga bisa turun ke bawah menuju area pantai melalui jalan yang sudah dibangun. Pada hari-hari biasa pantai ini masih relatif sepi, dan agak ramai saat hari libur. Pantai Buyutan juga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Pacitan.

Sunset di Pantai Buyutan
Seiring waktu Pantai Buyutan akan terus berkembang menjadi pantai wisata. Dan sebagai salah satu situs warisan dunia, tentunya tugas kita bersama untuk ikut menjaganya. Salah satunya yang termudah yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ada baiknya jika sampah terutama sampah anorganik, kita bawa kembali dan tidak ditinggalkan di kawasan pantai.
Mari berwisata yang ramah lingkungan, mari berwisata ke Pacitan. (@rif) 
 

Mari yang ingin ke Pacitan Jawa Timur  bisa menghubungi kami, ^_^

Telp. / SMS / SMS 085 643 455 685 
BBM 7A722B86

sumber : http://www.infopacitan.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin