Dataran Tinggi Posong Temanggung, Tak Kalah dengan Dieng

Dataran Tinggi Posong Temanggung, Tak Kalah dengan Dieng

Fadkus - d'Traveler - Senin, 09/12/2013 11:21:00 WIB 
 
detikTravel Community -  
Hampir semua traveler mengakui keindahan objek wisata yang dimiliki Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. Tapi, cobalah ke kawasan Posong di Temanggung. Pemandangan abadi khas pegunungan tak kalah keren dengan Dieng.

Berada tak jauh dari Wonosobo, wisata dataran tinggi Posong adalah sebuah lokasi wisata baru yang sedang dikembangkan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tepatnya Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, konsep wisata alam ini adalah pemandangan sunrise yang menakjubkan dan pemandangan 7 puncak gunung di Jawa Tengah.

Suguhan Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan Gunung Muria terlihat dari kejauhan. Dengan latar belakang kita adalah Gunung Sindoro yang nampak jelas dan gagah, sebagai lereng dimana tempat letak obyek wisata alam ini.

Berada pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl kita akan mendapatkan pemandangan yang eksotik menawan tanpa harus jalan kaki. Sebab tempat ini sangat mudah sekali dijangkau dengan mobil maupun motor yang bisa sampai di lahan parkir obyek wisata ini.

Tarif parkirnya relatif murah hanya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil tanpa tambahan restribusi lagi. Tempat ini sudah dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, kamar mandi/WC dan musala serta ada 3 buah gardu pandang yang luas, juga ada beberapa bangunan pendukung lain.

Sekarang sedang dibangun gedung penghangat yang rencananya selesai bulan Desember. Untuk jalan yang ada adalah Jalan Trasahan dengan beberapa tanjakan yang relatif tidak tinggi, sehingga mobil yang berpenumpang banyak tetap bisa naik ke obyek wisata ini yang jaraknya 3,4 km dari jalan raya Temanggung-Wonosobo.

Jika mengunjungi obyek ini hanya akan dijumpai 1 buah warung yang menyediakan gorengan dan kopi saja. Maka Anda akan lebih mudah membawa bekal minuman hangat dari rumah jika tidak ingin kedinginan di pagi hari. Juga, jangan lupa pakaian tebal yang hangat.

Karena tempat ini cukup tinggi dan asri maka pada malam hari banyak sekali para pecinta alam yang bermalam sekadar kemping atau memotret milkyway (Galaksi Bimasakti) yang tampak jelas karena minimnya polusi cahaya di tempat ini.

Ada beberapa homestay dan paket one day tour. Anda harus lebih dahulu memesan di Jogorekso Community yaitu para pemuda desa yang mengelola obyek wisata ini.

Selain sunrise, kita juga bisa bermain outbound ria, melihat Watu Kelir, melihat Watu Mlongso, juga situs punden berundak yang masih dalam kawasan yang sama. Penasaran dengan keindahannya, datang saja ke tempat ini!

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin