Kuliner Enak di Dieng Wonosobo

Kuliner Enak di Dieng Wonosobo

Dieng Wonosobo tak hanya menawarkan obyek wisatanya saja, namun ada berbagai jenis jajanan enak yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Jajanan enak ini merupakan kuliner khas Dieng, Wonosobo yang wajib dicicipi. Ingat juga untuk memilih sebuah tempat tinggal yang tidak jauh dari berbagai makanan murah dan enak di Dieng, Wonosobo. Ada berbagai masakan khas yang tidak boleh terlewatkan, diantaranya adalah :

Mi Ongklok

Mi ongklok adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mi rebus. Mi ini dibuat dengan beberapa racikan khusus yang tidak pernah dibuat oleh mi yang lain. Racikan tersebut diantaranya adalah kol, daun kucai, dan juga kuah tradisional yang turun temurun.

mie ongklok adalah jajanan enak yang menjadi kuliner khas Dieng, Wonosobo. Kuliner ini paling disukai wisatawan.
mie ongklok adalah jajanan enak yang menjadi kuliner khas Dieng, Wonosobo. 

Kuliner ini paling disukai wisatawan.

Rasanya tidak lengkap jika kita sudah menikmati berbagai pemandangan yang ada di wonosobo tapi tidak menikmati berbagai masakan enaknya. Mi ini adalah salah satu makanan yang paling banyak dipesan oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal ataupun luar negeri.

Mi Ongkok sangat enak di makan ketika masih hangat, ditambah dengan sate dan juga kerupuk, itulah ciri khasnya. Jika ingin datang ke tempat ini, lokasinya adalah di longkrang Wonosobo.

Sego Megono

Bagi orang Wonosobo makanan ini menjadi santapan favorite ketika sedang menghadiri acara gotong royong atau kumpul-kumpul. Karena makanan khas Wonosobo yang satu ini memang kalau dilihat dari segi harga cenderung murah. Dimana makanan wisata kuliner yang menjadi makanan ciri khas yang tak lain adalah  sayur gewos. Makanan ini terlihat sangat lezat dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan makanan lainnya.

Purwaceng

Purwaceng memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menambahkan stamina pada tubuh. Ini adalah salah satu herbal yang palinag paling terkenal di Indonesia khususnya di kota Wonosobo. Dimana cara mengolahnya itu dilakukan dengan cara diseduh.  Walaupun untuk mencari purwaceng terlalu lebih sulit, banyak sekali orang yang sering menacari herbal ini ke berbagai kota. Sebab, ini merupakan sebuah herbal tradisional dan sangat terkenal dalam bahan kualitasnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Purwaceng merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat untuk menambahkan stamina bagi seorang raja yang berada di jawa. Mendapatkan tanaman ini anda bisa ditemukan di suatu pegunungan yang berada di Jawa Tengah seperti dataran tinggi dieng.

Teh Tambi

Teh tambi merupakan salah satu minuman teh yang sangat hangat dan dapat menyegarkan tenggorokan lebih nikmat. Tanaman teh ini dilakukan pada lahan yang berada di atas permukaan laut. Tujuannya tak lain adalah untuk mendapatkan aroma yang sangat harum dan warna lebih kental. Selain itu, teh tambi ini mempunya khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan. Sehingga tidak heran jika orang yang pernah merasakan teh ini selalu mengatakan teh sejati. Banyak sekali manfaat dari teh tambi ini. Yang mana, sangat membantu pada tekanan darah dan membantu pengurangan rasa nyeri penyakit jantung. Untuk mendapatkan teh tambi ini, anda bisa berkunjung ke kota Wonosobo atau tempatnya di daratan tinggi dieng. Disini telah tersedia minuman teh tambi dengan menawarkan harga yang lebih murah. Hal itu, tentu anda dapat merasakan kesegaran pada teh tembi tersebut.

Tempe Kemul

Tempe Kemul menjadi sebuah makanan ringan ciri khas tersendiri. Tempe ini dibuat dengan bahan dari tempe yang dicampuri dengan gamdum. Sehingga akan menghasilkan tempe kemul yang lebih nikmat dan gurih.

Mencicipi makanan ringan ini secara tentu dapat dirasakan pada saat masih dakan keadaan panas. Maka ketika anda akan mencicipi makanan ini, tentunya anda bakal ketagihan. Banyak sekali para penjual tempe kemul yang dijual dengan menawarkan harga murah. Dimana untuk mendapatkan temple kemul ini, hanya ada di kota Wonosobo.

Makanan ringan ini merupakan salah satu makanan yang paling favorit bagi masyarakat kabupaten Wonosobo. Daya tarik dari makanan ringan ini adalah rasa yang gurih dan membuat lidah anda menjadi merasakan kelezatannya.

Sagon

Sagon adalah salah satu makanan ringan tradisional yang paling banyak disukai oleh semua masyarakat Indonesia. di Kapupaten Wonosobo ada salah satu tempat wisata kuliner yang menyediakan makanan ringan ini yang menjadi sebuah cemilan pada saat sedang liburan. Maka masyakarat Wonosobo pun sangat tertarik dengan sagon ini.

Opak Singkong

Opak Singkong merupakan salah satu  ciri khas makanan cemilan yang berada di kabupaten Wonosobo. Dimana awal pertama yang membuat opak singkong ini adalah warga desa Kalibeber, Mojotengah dan sampai saat ini, opak singkong masih tetap dipertahankan.

Liburan di kabupaten Wonosobo rasanya kurang enak jika tidak mencicipi opak singkong ini. Banyak sekali para penjual yang menyediakan opak singkong ini sebagai makanan cemilan untuk liburan atau oleh-oleh. Anda dapat menikmati opak singkong ini ketika anda akan liburan ke tempat wisata di dieng bersama keluarga anda sambil melihat pemandangan wisata alam dan kota Wonosobo. Hal itu, ini akan menjadi sebuah kenangan yang sangat mengesankan.

Carica

Carica atau sering disebut pepaya gunung merupakan salah satu pohon yang berbentuk kecil dan hampir mirip dengan pepaya biasa. Akan tetapi carica ini memiliki cabang tangkai yang lebih banyak. Dimana buah ini sering dibuat untuk sirup, manisan jus maupun lainnya.

Di sebuah pegunungan yang berada di kabupaten Wonosobo, anda sebuah tanaman buah carica ini yang dapat anda cicipi. Khasat yang sangat bagus untuk kesehatan, membuat para wisata sering mencari buah carica ini di pegunungan kabupaten Wonosobo. Hal itu, tentu ini bisa dijadikan sebagai bahan minuman yang sangat mengegarkan badan anda pada saat siang hari.

Kacang dieng

Kacang dieng merupakan sebuah ciri khas makanan cemilan yang berada di kabupaten wonosobo atau tepatnya di kawasan daratan tinggi dieng. Makanan cemilan ini bisa dijadikan sebagai menu oleh-oleh Wonosobo yang dapat diberikan kepada tetangga maupun sodara anda. Selain merasakan pemandangan dataran tinggi dieng, tentu anda dapat mencicipi kacang dieng ini yang menjadi salah satu makanan ringan pada saat anda sedang beristirahat. Dimana rasa kacang dieng lebih gurih dan lezat membuat lidah anda dapat menikmati makanan ringan tersebut.

Keripik Jamur

Keripik jamur adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari bahan jamur. Kekentalan pada bumbu membuat keripik jamur ini sangat lezat. Di kabupaten Wonosobo ada sebuah wisata kuliner yang telah menyediakan keripik jamur sebagai makanan ringan. Keripik ini memiliki rasa yang sangat menyengat pada lidah. Sehingga makanan ini membuat para pengunjung sering ketagihan.

Jika anda berencana liburan ke daratan tinggi dieng kota Wonosobo, Jawa Tengah, maka anda akan menemukan para penjual keripik jamur yang berada di setiap jalan. Dimana makanan ini bisa dimakan dengan tempat yang sangat indah da sejuk seperti berada di telaga maupun kawah. Hal itu, anda dapat menikmati keindahan alam pegunungan dan merasakan kelezatan pada keripik jamur ini. Selain itu, keripik jamur ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan dalam lokal maupun manca negara yang akan dibawa ke rumahnya untuk dihidangkan untuk para tamu yang datang.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin