Nelayan Pantai Sadeng Panen Ikan Tuna Besar

Nelayan Pantai Sadeng Panen Ikan Tuna Besar

 
 

Nelayan Pantai Sadeng tengah panen ikan tuna besar dan Marlen kualitas ekspor. Ada lima kapal 15 GT yang baru saja mendarat, rata-rata membawa ikan 1 ton, diantaranya setiap kapal ada tuna besar masing-masing beratnya 50 kg. Sehingga untuk lima kapal ada 20 tuna besar yang beratnya mencapai  1 ton. Harga satu kilogram berkisar Rp 47 ribu.

“Tuna besar ini oleh para pedagang dijual ke Jepang,” kata Sarino SP, dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Pelabuhan Pendaratan Ikan (P3I) Pantai Sadeng, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Senin (11/05/2015).

Selain panen ikan tuna besar, nelayan juga berhasil menangkap ikan Marlen yang harga satu kilogramnya Rp 22 ribu. Meski kualitas ikan ini tidak setinggi tuna besar, tetapi banyak pihak yang mencari ikan yang satu ekornya beratnya sekitar 40 kg. Sementara untuk harga tuna kecil bervareasi, untuk tuna berat sedang sekitar 20 kg-30 kg harganya sekitar 30 ribu tiap kilo gramnya. Tuna berat sedang dijual ke pabrik pengalengan tuna di Malang, Jawa Timur.

“Seperti biasanya tuna kecil-kecil dijual untuk pasar lokal,” pungkasnya.

via krjogja

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin