Gua Sumur

Gua Sumur

Salah satu gua yang terdapat di kawasan Dieng adalah Gua Sumur , gua ini terletak kurang lebih 20 meter dari Gua Semar dan biasanya digunakan sebagai tempat pertapaan. Salah satu ciri khas Gua Sumur adalah, di depan Gua ini terdapat arca wanita yang sedang membawa kendi.  

Di dalam Gua Sumur ini terdapat mata air yang sampai dengan saat ini tidak diperoleh informasi tentang sejarah dan asal muasal keberadaan sumur tersebut.

Sumber air suci yang yang terdapat di Gua Sumur disebut "Tirta Prawitasari", di lokasi inilah umat Hindu biasanya mengadakan upacara ritual yang disebut Muspe/Mubakti. Penganut agama Hindu percaya, sumber mata air yang terdapat di Gua Sumur adalah sumber air suci tertua.

Para pengunjung yang datang ke Gua Sumur ini biasanya membawa botol untuk mengambil air dari sumur tersebut yang dipercaya mempunyai manfaat yang besar. Mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, air sumur di gua tersebut dipercaya memiliki khasiat sebagai obat tanaman rusak dan mati terkena hujan salju yang sering terjadi antara bulan Juli - September, dan obat hama tanaman kentang.

Selain itu, manfaat lain air sumur ini dipercaya oleh warga sekitar berkhasiat sebagai obat untuk awet muda. Biasanya orang yang ingin melakukan meditasi di Gua Semar, sebelumnya harus mensucikan diri terlebih dahulu di Gua Sumur yang tentunya melalui ijin sang juru kunci. 

Harga Tiket
Rp. 5.000,-/orang

Jam Operasional
24 jam setiap hari

Fasilitas
Lahan parkir luas, rumah makan, pasar yang menjual oleh-oleh khas Dieng

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin