Ditulis oleh:

Dibawah ini merupakan  Air Terjun Sikarim - Wonosobo. Silahkan disimak!

Air Terjun, Curug, Sikarim Wonosobo, Wisata, Pesona, Foto, Pemandangan
Lokasi
Terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Propinsi Jawa Tengah.
Peta dan Koordinat GPS: 7°15'27"S   109°54'36"E
Air Terjun Sikarim - Wonosobo
Air Terjun Sikarim memiliki ketinggian 24 meter dengan latar belakang bukit Sikunir yang menjulang dan banyak ditumbuhi perdu dan tanaman langka.

Air terjun ini mengalir deras menyusuri dinding batu dari atas ketinggian dengan dua jalur aliran air.  Tak jauh lokasi ini terdapat juga Air Terjun Sipendok yang terletak di sebelah atas kiri bukit.  Ketinggian air terjun ini cukup tinggi sekitar 70 m.  Sayangnya untuk menuju air terjun tersebut cukup sulit karena harus melewati semak belukar dan jurang yang cukup dalam.
Aksesibilitas
Berjarak sekitar 9 km dari ibukota kecamatan atau 20 km sebelah utara kota Wonosobo.  Kondisi jalan menuju kesana beraspal akan tetapi banyak yang rusak bahkan dibeberapa tempat memiliki kontur jalan yang cukup curam berliku dengan tikungan tajam dan langsung menanjak sekitar 45 derajat.

Untuk menuju lokasi air terjun ini dengan mengambil arah ke Dieng.  Setelah sampai di Kecamatan Garung terdapat pintu masuk di sebelah kiri di PLTA Garung (dekat pasar dan terminal Garung).  Jarak PLTA ini dari kota Wonosobo sekitar 8 km.  Masuk ke PLTA Garung, selanjutnya setelah 3 km terdapat pertigaan, jika ke kiri ke Desa Mlandi sedangkan ke kanan ke Telaga Menjer.  Sesampainya di Desa Mladi akan ditemui pertigaan lagi, ambil belokan ke kanan hingga 6 km.  Di pertigaan ini banyak di temui ojek, sebaiknya bagi yang membawa kendaraan dititipkan disini (terutama kendaraan non 4x4) dan selanjutnya menyewa ojek hingga lokasi air terjun berada.

Air terjun ini akan tampak dari jalan aspal, apabila ingin  menuju ke dasar air terjun dapat dapat berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 50 m.

Fasilitas dan Akomodasi
Belum tersedia fasilitas yang lengkap, hanya tempat beristirahat seadanya di bawah pohon yang kadang-kadang digunakan untuk area berkemah.