Tebing di Tataran Sunda

Tebing di Tataran Sunda

Jawa Barat merupakan daerah surga bagi pemanjat tebing alami. Jawa Barat memiliki tebing tebing yang cukup dikenal dan sering dijadikan rekomendasi sebagai tempat pemanjatan. karakteristik  batuan tebing di jawa barat juga beraneka ragam. selain tebing tebing yang dikenal,Jawa Barat juga menawarkan daerah pemajatan yang belum dikenal dan bisa dijadikan alternatif pemanjatan. Tebing tebing ini merupakan salah satu sebagai rekomendasi.

CITATAH -125
Tebing Citatah-125 yang terletak di desa Cipatat, daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat merupakan tebing dengan jenis batuan kapur atau karst. Tebing ini memiliki ketinggian 125 meter dari permukaan tanah. Tebing ini memiliki nama resmi yaitu gunung Singgalang Padalarang tapi lebih terkenal dengan Citatah-125. Pada tebing ini terdapat sekitar 75 jalur yang bervariasi tingkat kesulitannya dari overhang hingga vertical. Pada tebing ini terdapat teras yang menyerupai gua yang bisa dijadikan tempat simulasi hanging camp.


Citatah 125
citatah 125

CITATAH – 48
Tebing Citatah – 48 masih terletak di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Tebing ini merupakan tebing dibawah pengawasan kopassus sehingga apabila melakukan pemanjatan diperlukan ijin kepada Kopassus. Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 40 – 50 meter sehingga disebut tebing Citatah- 48. Tebing ini memiliki nama resmi Gunung Manik tapi lebih sering disebut Citatah-48. Tebing ini memiliki jenis batuan karst atau kapur. Tebing ini memiliki sekitar 25 jalur dengan kesulitan yang berbeda.
Citatah 48
Add caption
Citatah48

CITATAH – 90
Tebing Citatah – 90 juga terletak di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Tebing ini memiliki jenis batuan karst atau kapur dengan ketinggian sekitar 90 meter dari permukaan tanah.  Seperti tebing Citatah – 125 dan Citatah – 48, Tebing ini terletak di daerah sekitar pabrik penambangan batu karst. Dibanding tebing Citatah yang lain tebing ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibanding yang lain. Tebing  yang memiliki nama resmi gunung Pabeasa ini memiliki sekitar 4 – 5 jalur pemanjatan yang biasa dipakai.

PARANG
Tebing ini terletak tepat di sisi selatan Waduk Jatiluhur dan terletak di Kampung Cihuni, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tebing yang memiliki batuan andesit ini tiga buah tower yang memiliki ketinggian yang berbeda beda. Untuk ketinggian sendiri dihitung dari permukaan laut tinggi tower 1 tebing parang adalah 955 mdpl, tower 2 adalah 896 mdpl dan tower 3 adalah 879 mdpl. Untuk Lintasan sendiri tebing ini rata rata merupakan tebing slap dan beberapa lintasan merupakan dinding vertical.

tebing parang
tebing parang

CIAMPEA
Tebing Ciampea terletak di sebelah selatan pusat Kota Bogor sekitar 30 menit menggunakan kendaraan umum dan tepatnya di daerah desa Ciampea, Bogor, Jawa Barat.  Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 30 – 45 meter dengan lima jalur atau lintasan. Jalur jalur pada tebing ini memiliki nama yang unik antara lain jalur putih, jalur kambing, jalur intifada, jalur bicycle dan jalur tokek. Jalur jalur pada tebing ciampea memiliki tingkat kesulitan yang cukup mudah sehingga cocok dijadikan sebagai tempat latihan para pemula.

tebing ciampea
tebing ciampea

KALAPA NUNGGAL
Tebing Kalapa Nunggal terletak di dekat pabrik semen Cibinong, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tebing ini merupakan tebing dengan Batuan Sedimen. Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan single pitch. Jalur pada tebing Kalapa Nunggal ini merupakan jalur dengan  Kategori sulit dikarenakan jalur dengan overhang di awal serta variasi tebing vertikal.

Tebing kelapa Nunggal
tebing kelapa nunggal

GUNUNG BONGKOK
Tebing Gunung Bongkok adalah salah satu tebing di Jawa Barat dengan batuan andesit. Tebing ini terdapat di desa Sukamulya,Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tebing ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Purwakarta. Tebing Gunung Bongkok sendiri memiliki ketinggian sekitar 40 – 45 meter. Tebing ini memilki karakteristik jalur yang slap. Pada tebing ini sudah terdapat tiga jalur pemanjatan.

Tebing gunung bongkok
Tebing Gunung Bongkok

GUNUNG BATU
Tebing Gunung Batu atau sering disebut Tebing Cikidang terletak di desa Cikidang, Pager Wangi, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Tebing ini memiliki jenis batuan andesit dengan tipe karakteristik jalur slap. Tebing ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dan memiliki sekitar 10 jalur. Tebing cikidang atau gunung batu merupakan tipe tebing dengan single pitch.

Tebing Gunung Batu
Tebing Gunung Batu

GUNUNG HANYAWONG
Tebing Gunung Hanyawong merupakan salah satu tebing yang jarang dikenal oleh para pemanjat tebing, bahkan oleh para pemanjat di Bandung sendiri. Tebing Gunung Hanyawong yang terletak di desa Mukapayung, Cililin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat memiliki ketinggian yaitu sekitar 60 meter . Tebingini memiliki jenis batuan bresi vulkanik yang jarang ditemui sebagai lokasi pemajatan. Tebing Hanyawong ini baru memiliki 2 jalur.

Tebing hanyawong
Tebing Hanyawong

JEAGER
Tebing Lidah Jeger terletak di daerah Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat dan berjarak sekitar 500 meter dari sungai cileungsi. Tebing ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum dariangkutan kota jurusan citeureup. Tebing ini memiliki tinggi sekitar 40 – 50 meter dengan system multi pitch karena terdapat teras yang bisa dijadikan sebagai pitch. Selain itu kita dapat melakukan pemanjatan tipe sport dan artificial di tebing ini.

WAYANG
Tebing Wayang merupakan bagian dari Gunung Wayang, Pakenjeng, Garut. Tebing ini cukup lebar dan memiliki tinggi sekitar 250 meter sehingga menjadi rekomendasi untuk melakukan pemanjatan big wall climbing. Tebing gunung wayang sendiri merupakan tebing dengan jenis batuan andesit dengan karakteristik tebing slap.  Pada tebing Gunung wayang sendiri baru memiliki 6 jalur yang dibuat oleh skygears.

Tebing gunung wayang
tebing gunung wayang

KACAPI
Tebing Kacapi yang merupakan bagian dari Gunung Kacapi  terletak di Kebon Jati, Kecamatan Sumedang Utara, Kota Sumedang, Jawa Barat. Tebing Gunung Kacapi ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan jalur yang cukup banyak. Tebing Kacapi sendiri tersusun atas batuan andesit. Dimana variasi tebing vertikal  juga memiliki overhang dan karakteristik slap. System bor to bor juga bisa dilakukan di tebing kacapi ini. Tebing kacapi juga sudah terdapat banyak hanger sehingga bisa dijadikan jalur sport.

Tebing Kacapi
Tebing Kacapi

BATU TUMPANG
Tebing Batu Tumpang  merupakan tebing dengan batuan andesit dan meiliki jalur  dengan karakteristik slap. Tebing batu tumpang yang terletak di Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tebing ini memiliki crack yang menjadikan tebing andesit ini memiliki variasi pegangan sehingga meskipun andesit jalur ini juga dapat digunakan oleh pemula. Selain itu tebing ini memiliki tinggi sekitar 150 meter dan memiliki jalur sekitar 15 jalur.

Tebing Batu Tumpang
Tebing Batu Tumpang


sumber : https://babymature.wordpress.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin