Pantai Watu Lumbung, Buat Kamu Yang Suka Tantangan

Ngomongin pantai di Gunungkidul emang nggak ada habisnya lur, apa lagi kalau pengen menjelajahi semuanya…mimin yakin nggak cukup sebulan :D Kalau dibikin cerita nggak cukup satu buku deh saking banyaknya, hehe. Tapi menariknya, dari semua pantai di Gunungkidul pasti punya karakteristik sendiri-sendiri… Ada yang landai, ada yang berupa tebing, bahkan ada juga yang ada air terjunnya, Wowwww ! Nah untuk yang kali ini kita akan bahas salah satu pantai yang masih tersembunyi dibalik keeksotisannya. Namanya Pantai Watu Lumbung. Disebut Pantai Watu Lumbung karena beberapa meter dari bibir pantai ada dua batu besar yang berdiri dengan gagahnya.

TentangGK_Watulumbung_1
Satu yang menarik dari pantai ini adalah perjalanan menuju ke sana lur… Ada yang bilang kalau “piknik yang asyik adalah bukan hanya tentang obyek wisatanya, namun juga tentang perjalanannya” (Anung-20th).  Nah pantai ini sangat sesuai lur buat kamu yang suka tantangan, karena untuk bisa sampai ke tujuan kamu harus berjalan ke arah barat setelah TPR Pantai Wediombo di Desa Jepitu, Girisubo. Perjalanan tentu nggak lurus2 gitu aja lur…Semacam ninja Hatori kamu harus mendaki gunung dan melewati lembah sekitar 4 km aja, hehe. Tapi tenang aja, selama perjalanan mungkin kaki kamu capek, tapi mata kamu nggak akan pernah capek lur.. karena hamparan pantai keren Wediombo akan tempampang nyata di depan mata kamu dari atas ketinggian.

TentangGK_Watulumbung_2
Perjalanan dengan peluh menetes bertubi-tubi akan terbayar lunas setelah kamu sampai di TKP lur… meskipun harus menuruni bukit setinggi kurang lebih 30 Meter kebawah , ada akan disuguhi Pantai dengan topografi bebatuan yang menonjol dan watu lumbungnya yang tegak berdiri di depan kamu serasa Tanah Lot pindah ke Gunungkidul deh, Hamparan bebatuan karang dipinggir laut siap memanjakan mata, selain suguhan 2 batu raksasa di watu lumbung , ada satu batu unik di sekitar watu lumbung yaitu “Watu Bolong “

TentangGK_Watulumbung_3
Eits, tapi tenang aja buat kamu yang nggak suka tracking, sepeda downhill mungkin bisa menjadi solusinya. Karena track menuju ke TKP sangat cocok untuk kamu yang hobi olahraga sepeda gunung alias downhill.

Rute Ke Pantai Watu Lumbung
Jogja → Piyungan → pertigaan Gading → Wonosari → Semanu → Pertigaan jembatan kali jirak (ambil kanan ) arah jepitu→ Pertigaan pasar Jepitu (ambil Kanan ) → Pasar Girisubo ( ambil Kanan ) → TPR Pantai wediombo → 50 meter setelah TPR (ambil Kanan ) Jalan Blok Cor → pertigaan Tobong Areng ( ambil Kiri ) → Pantai Watu Lumbung.

Jogja → Piyungan → pertigaan Gading → Wonosari → Jalan Baron → Pertigaan Mulo ( ambil Kiri ) → Tepus → Arah Pantai Siung terus Lurus 7 Km  → Pasar Girisubo ( ambil Kanan ) → TPR Pantai wediombo → 50 meter setelah TPR (ambil Kanan ) Jalan Blok Cor → pertigaan Tobong Areng ( ambil Kiri ) → Pantai Watu Lumbung.

So, nggak ada alasan lagi buat kamu untuk nggak piknik ke Gunungkidul. Salam #piknikhore ! :D