Makanan Khas Kebumen


Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah
  • Lanthing: terbuat dari pati singkong, di bentuk seperti angka 8 dengan warna merah dan putih, kemudian di goreng. Rasanya enak, renyah dan gurih. Awalnya hanya ada rasa bawang, saat ini sudah banyak pilihan rasa seperti pedas, keju. Anda dapat menemuinya di hampir semua toko, tapi yang paling enak carilah lanthing pekuwon (di buat di desa pekuwon)
  • Sate Ambal: Kekhasan sate ini terletak pada bumbu yang berasal dari tempe bukan kacang. Rasa tempe hampir tidak terasa karena terganti dengan adanya rasa manis, gurih dan pedas yang menjadi campuran pada bumbu sate tersebut. Sate Ambal yang cukup terkenal ini berada di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal.
  • Gethuk & Kethek: Warna kethek abu-abu kehitaman, tidak menarik. Namun ketika gethuk yang terbuat dari singkong rebus dicocolkan ke kethek maka keduanya akan menjadi perpaduan yang sangat pas. Kethek terbuat dari ampas pembuatan minyak kelapa.
  • jipang kacang: terbuat dari perpaduan kacang yang di sangrai dan di tumbuk sangat kasar dengan gula jawa, bentuknya persegi panjang dan tipis. Tiap jipang dibungkus plastic karena agak lengket.
  • sale pisang: Pisang yang digunakan adalah pisang uter yang sudah matang. Ada 2 jenis sale yaitu sale pisang goreng, dimana pisang yang sudah matang di giling sampai tipis, di jemur, kemudian di tepungin dan di goreng; dan sale pisang biasa dimana pisang di belah 2 kemudian di jemur, setelah warnanya kehitaman di angkat dan di kukus.
  • Makanan khas lainnya seperti lenthis, thepleng pejet, lemet dan minuman khas legen rowokele dapat anda jumpai di pasar-pasar tradisional.
Cukup tertarik mengunjungi kota saya? Yux mari….

;)

sumber : http://ndahsaja.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin