Gua Petruk

Goa Petruk
Kebumen Jawa Tengah
 
Goa Petruk terletak di di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, tidak jauh dari Goa Jatijajar. Nama Petruk berasal dari salah satu bentuk batu di dalam goa yang menyerupai Hidung Petruk, pengikut setia Pandawa dalam cerita pewayangan. Sayang, karena ulah Belanda ketika melakukan penambangan phosfat, hidung Petruk tersebut putus dan kini sudah tak kelihatan lagi. Tidak seperti Goa Jatijajar yang sangat ramai, jumlah wisatawan Goa Petruk tidak terlalu banyak. Hal ini disebabkan karena Goa ini masih alami bahkan tidak ada penerangan didalmnya sehingga membutuhkan persiapan dan nyali yang cukup. Anda dapat menikmati goa hanya dengan melihat 3 ruang utama (sekitar 30 menit) atau menyusuri seluruh ruangan goa (sekitar 1.5 jam). Jika anda memilih untuk menyusuri goa ada baiknya untuk menyediakan baju ganti, karena dipastikan baju anda akan basah. Hati-hati juga dengan kamera yang anda bawa, lebih aman jika menggunakan kamera underwater.

Goa Petruk, Kebumen
Goa Petruk, Ayah, Kebumen

Foto: berbagifun

Untuk mencapai mulut Goa petruk, anda harus menaiki kurang lebih 260 anak tangga. angga pertama ada air terjun kecil, meskipun tingginya kira-kira cuma enam meter. Goa Petruk terbagi menjadi tiga bagian, bagian pertama atau di lantai I hanya terdapat kelelawar dengan bau kurang sedap; Goa Semar dimana kita akan disuguhi dengan pemandangan dari bebatuan yang mempesona.; dan Goa Petruk tempat dimana batu yang mempunyai ujud seperti hidungnya Petruk pernah ada.  Tersedia pemandu wisata yang siap mengantarkan anda memandu perjalanan dalam goa, tidak ada tarif resmi, sukarela/seikhlas-nya pengunjung. Sebagai perbandingan tahun 2010 pemandu di bayar Rp. 25.000,-.  Untuk memasuki goa, disediakan alat-alat seperti petromak, headlamp, sepatu boot, rain coat dan helm pelindung kepala. Didalam goa Petruk terdapat sungai kecil yang mengalir sepanang 700 meter. Goa sepanjang 644 meter ini dialiri sungai kecil yang sangat jernih dan sejuk. Lorong-lorong goa tidak terlalu tinggi dengan sebagian tergenangi air, sehingga terkadang harus merunduk.  Aneka batu dengan berbagai bentuk seperti yang sudah sering kita jumpai terdapat di dalam goa. Nama-nama batu disesuaikan dengan kemiripannya, seperti Batu Katak, Batu Buaya, Batu Lukar Busono, Harimau Duduk, Batu Serigala, Taman  Gajah, Taman Maria, Batu Dandang, Batu Dasi hingga Batu Payudara/Batu Susu. Terdapat pula batuan yang mirip tempat tidur, atau pelaminan seorang pengantin baru, batu yang menyerupai sebuah lumbung padi, sehingga batuan tersebut di beri nama batu lumbung, batu yang baik bentuk maupun warnanya mirip kain mori yang membungkus mayat. Selain aneka batu, di dalam gua ini juga dapat terlihat adanya sejumlah sendang dan air terjun yang bahkan airnya mirip busa sabun.

Pantai Ayah/Pantai Logending
Pantai Ayah/Logending terletak di Desa Ayah Kecamatan Ayah, 53 km dari kota Kabupaten Kebumen . Nama Logending sendiri berasal dari kata Lo dan Gending, Lo adalah nama sebuah pohon yang kayunya dapat diracik menjadi alat music. Pantai Ayah berbeda dengan pantai-pantai lain di Kabupaten Kebumen yang hampir semuanya memiliki ombak besar dan pantai sangat luas, Ayah/Logending tidak memiliki area pantai yang luas, diapit oleh dua pegunungan, menjadi muara sungai Bodo dan di naungi oleh rimbunnya hutan jati. Fasilitas wisata disini cukup lengkap dan rapih, terdapat jogging track, tersedia perahu-perahu tradisional, maupun perahu temple untuk menelusuri muara sungai Bodo yang merupakan pemisah antara wilayah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap, kuda untuk menyusuri pantai dan kawasan untuk kemah.

Sunset Pantai Logending, Ayah, Kebumen
Sunset Pantai Logending, Ayah, Kebumen

Waktu terbaik menikmati pantai Ayah/Logending adalah saat matahari terbenam, setelah mengejar sunset hingga Lombok, Derawan, Belitung, Sabang ternyata foto sunset terbaik yang pernah saya peroleh justru tidak jauh dari tempat tinggal saya sendiri.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin