Tata Cara Perizinan Pendakian Gunung Semeru

Tata Cara Perizinan Pendakian Gunung Semeru

Tata Cara Perizinan Pendakian Gunung Semeru. Karena selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki gunung baik dari dalam kota dan luar kota hingga wisatawan mancanegara, pihak TNBTS memberlakukan persyaratan yang cukup ketat dalam memberikan perizinan pendakian. Karena besarnya animo para pengunjung untuk mendaki Gunung Semeru inilah, jumlah pengunjung dibatasi hingga 500 orang/hari.
Pembatasan jumlah pengunjung ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Gunung Semeru itu sendiri. Peningkatan jumlah pengunjung Gunung Semeru ini terjadi karena dampak ditutupnya jalur pendakian pada Desember 2012 hingga April 2013 yang lalu. Selain itu film 5 cm yang mengambil lokasi di Ranu Kumbolo dan Gunung Semeru itu sedikit banyak membuat masyarakat penasaran akan keindahan surga Gunung Semeru tersebut.
tata cara perizinan pendakian gunung semeru terbaru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Meskipun begitu, untuk meningkatkan pelayanannya pihak TNBTS melayani perizinan pendakian dengan 3 cara yaitu :
1. Booking melalui Telepon / Fax
Calon pengunjung pendakian Gunung Semeru dapat melakukan booking melalui Kantor Balai Besar TNBTS nomor telepon (0341) 491828 / faksimil ke (0341) 490885 dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Layanan telepon hanya pada hari Senin - Jum'at (pukul 08.00 - 14.00 WIB) sedangkan layanan faksimil terbuka pada hari Senin - Minggu.
  • Mengkonfirmasi terlebih dahulu ketersediaan kuota pada tanggal pendakian yang diinginkan masih ada atau tidak.
  • Mengirimkan data diri seluruh calon pengunjung (fotocopy KTP/SIM/Kartu Pelajar/Passpor yang masih berlaku termasuk data umur jenis kelamin pekerjaan dan nama ketua rombongan) waktu pendakian pintu masuk dan keluar pendakian serta bukti pembayaran surat ijin pendakian pendakian melalui faksimil.
2. Daftar langsung
Calon pendaki datang langsung ke bagian perijinan di kantor Kantor Seksi PTN Wilayah I di Cemorolawang Kantor Seksi PTN Wilayah II di Tumpang dan Kantor Seksi PTN Wilayah III di Senduro serta Resort PTN Wilayah Ranu Pani  pada hari Senin s/d Minggu pukul 08.00 s/d 16.00 WIB dengan menyelesaikan persyaratan pendakian.

3. Booking Online
Booking melalui sistem online dapat dilakukan dengan mengunjungi situs www.bromotenggersemeru.org dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Layanan on-line dapat dilakukan 24 jam setiap harinya.
  • Booking dilakukan paling cepat satu bulan sebelum tanggal pelaksanaan pendakian dan paling lambat 7 hari sebelumnya (H-30 sampai dengan H-7).
  • Booking diharuskan membayar lunas biaya pendakian melalui rekening Bendahara Penerima.
  • Booking dilakukan secara on line dengan mengisi formulir yang bisa di download dari website BBTNBTS : www.bromotenggersemeru.com
  • Bukti setor menjadi alat bukti pengambilan tiket masuk dan surat ijin pendakian di pintu masuk di kantor Kantor Seksi PTN Wilayah I di Cemorolawang Kantor Seksi PTN Wilayah II di Tumpang dan Kantor Seksi PTN Wilayah III di Senduro serta Resort PTN Wilayah Ranu Pani.
  • Bila karena sesuatu hal yang berasal dari calon pengunjung membatalkan pendakian secara sepihak maka pembayaran booking tidak dapat dikembalikan.

sumber : http://www.jejaksibolang.com


ayo invite BB 7A722B86
ayo join WA 085.643.455.685 via SMS / Line / WeChat / Call.


mau kenal dengan admin ?? silahkan add fb Syarifain Ghafur
insya Allah bermanfaat.


Ayo Join Cikarsya.com

Ayo Join Xplore Wisata Adventure


mohon bantuannya untuk menyebarluaskan status ini :) :) :). dan jangan lupa untuk like https://www.facebook.com/pages/Syarifain-Ghafur/178190515563030?ref=hl untuk mendapatkan status-status yang lain.

pokoknya bantuin #share #like dan #comment ya :) :) :)

kami mempersembahkan artikel-artikel yang insya Allah akan menginspirasi.

jangan lupa like https://www.facebook.com/ci.tion untuk menambahkan informasi terbaru terkait penawaran paket wisata, pelatihan-pelatihan, snack and catering, lowongan kerja, les dan privat tingkat sd, smp, sma/sederajat, motivasi dan lainnya.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin