Goa Si Oyot


2 

Goa Si Oyot
Reservasi : 085.643.455.685 | 7A722B86
Tak cuma Gua Pindul di Gunungkidul, DIY, juga ada Gua Si Oyot. Untuk menjelajahinya, pelancong harus menyusur gua. Butuh perjuangan untuk melewati jalan di dalam gua ini. Meski begitu pemandangan di dalamnya mengagumkan.

Susur Gua Si Oyot hanya dibuka saat musim kemarau. Siapkan fisik karena untuk melihat keindahan bawah tanah yang perpaduan stalagtit dan stalagmit, butuh  jarak tempuh selama 1,5 jam.

Gua Si Oyot terletak di Padukuhan Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Letaknya masih satu lokasi dengan Gua Pindul. Anda harus menempuh perjalanan 7 km ke arah utara Kota Wonosari.
Ada yang menarik dari gua ini, karena hanya dibuka selama musim kemarau. Sedangkan, selama musim hujan gua ini ditutup karena air yang mengalir di dalamnya akan meluap. Berhubung kami datang saat musim kemarau, jadi tidak ada masalah.

Traveler bisa menyusuri Gua Si Oyot, asalkan dalam satu kelompok minimal berjumlah 7 orang. Per orangnya akan dikenakan biaya sekitar Rp 25 ribu. Masing-masing pengunjung sudah dibekali dengan helm lampu pelindung kepala, sepatu boot, dan 2 pemandu wisata yang berasal dari penduduk lokal.

Pemandu wisata yang menemani setiap perjalanan pun sabar menunggu kami berfoto-foto dan bernarsis ria. Waktu tempuh untuk menyusuri gua, dari awal sampai akhir diperkirakan 1,5 jam. Itu pun tanpa berhenti.

Pada saat awal masuk Gua Si Oyot, wisatawan terlebih dulu harus jongkok atau merangkak. Karena medan yang akan dilewati cukup sempit. Kita harus berjalan merangkak kira-kira selama 15 menit.

Rasa kagum tak henti-hentinya terasa saat melihat keindahan dalam Gua Si Oyot. Perjalanan yang kami lalui memang cukup berat. Akan tetapi, semuanya terasa menyenangkan, mulai dari merangkak atau jongkok, berenang, berjalan di antara batu yang licin dan lancip, terpeleset, sampai memanjat. 

Tidak terasa berapa lama waktu yang sudah kita lewati. Tak hanya perjuangan, perjalanan ini juga disertai dengan suara dan bau kelelawar yang khas. Sungguh pemandangan gua yang tiada bandingnya. 

Pada saat kami berhenti di tengah-tengah gua, terdengar suara air terjun dari dalamnya. Namun, di dalam gua sama sekali tidak terlihat keberadaan air terjun. Aneh tapi nyata! Inilah petualangan yang menakjubkan sayang untuk dilewatkan.

Saat berlibur ke gua ini, Anda harus menyiapkan fisik dan pakaian ganti. Kalau rute, dari Yogyakarta Anda harus ke daerah Gunungkidul, Gua Pindul, baru ke Gua Si Oyot. Menyusuri Gua Si Oyot dijamin tak akan menyesal.






Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin