Sejarah Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta

Sejarah Goa Pindul


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsAMq8yF1s8KdyCkViNMILoKnw1iwezq82bw4hmMi_o3baa70JU5JOyg_vXnMjPZIlT3Pd6YEIWNHUfDGAqeeVDw8-uKhrl4dVaVioaoHQQq15-rcnYTnxEzl4iO35ez7J4X675l2tjrP8/s1600/IMG_3506.JPG

Gua pindul adalah salah satu tempat wisata yang terletak di daerah Gelaran, Karangmojo, Gunungkidul.

Asal-usul gua pindul sendiri berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang  diutus oleh Panem bahan Senopati di Mataram untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta putri Panembahan. Senopati yaitu mangir Wonoboyo dari Mangiran (Bantul). 
 
Dalam perjalanannya, kedua abdi itu sepakat untuk tidak membunuh bayi tersebut, lalu keduanya pergi ke arah timur (arah Gunungkidul) hingga tiba di suatu dusun di daerah Karangmojo. 
 
Disana keduanya menggelar tikar dan alas tempat tidur bekas persalinan sang bayi . Dusun tersebut dinamakan Gelaran. Sang bayi menangis kemudian keduanya memutuskan untuk memandikan sang bayi. Ki Juru Mertani naik  ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit, dengan kesaktiannya tanah yang diinjak pun runtuh dan mengangahlah sebuah lubang besar dengan aliran air di dalamnya. 
 
Sang bayi kemudian dibawa turun dan dimandikan di dalam gua dilubang tadi. Saat dimandikan pipi sang bayi terbentur (jawa:Kebendhul) batu yang ada di dalam. Karena peristiwa tersebut akhirnya akhirnya goa itu dinamakan GOA PINDUL.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin