Porter Gunung Pemula di Jatim, Daftar Gunung Di Jawa Timur

Porter Semeru Ranu Pane, Porter Arjuno Welirang Tretes Purwosari Sumber Brantas Cangar, Raung Kalibaru, Sumber Waringin, Glenmore, Porter Buthak Panderman, Penanggungan, Wilis, Kelud

Porter Gunung Jatim, Daftar Gunung Di Jawa Timur. Daftar Gunung Di Jawa Timur

09:18 Posted by Muhammad Hasan 8 comments
 
GUNUNG SEMERU (3.676 MDPL) Aktif
Gunung Semeru
Gunung Semeru atau Sumeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah dipuncak gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah, menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

 
GUNUNG ARJUNA (3.339 MDPL)
Gunung Arjuno dilihat dari Malang
Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuna) terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m  dan berada di bawah Pengelolaan Tahura Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu. Nama Arjuno berasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna. 


GUNUNG RAUNG (3.332 MDPL) Aktif
Gunung Raung 
Gunung Raung merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia dan mempunyai ketinggian setinggi 3,332 meter. 


GUNUNG LAWU (3.265 MDPL)
Gunung Lawu
Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara)

GUNUNG WELIRANG (3.156 MDPL)
Gunung Welirang
Gunung Welirang (atau Walirang, nama kuno) terletak di perbatasan Malang dan Mojokerto yang merupakan sebuah gunung yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. "Welirang" dalam bahasa Jawa berarti belerang. Gunung Welirang mempunyai ketinggian setinggi 3,156 meter
.

GUNUNG ARGOPURO (3.088 MDPL)
Gunung Argopuro
Gunung Argapura merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia.
Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung ini sering juga disebut dengan Argopuro. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

GUNUNG SUKET (2.950 MDPL)
Gunung Suket
Gunung Suket adalah sebuah gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini terletak berdampingan dengan Gunung Raung. 


GUNUNG BUTAK (2.868 MDPL)
Gunung Kawi (sebelah kiri) dan Butak (sebelah kanan)
Gunung Butak adalah gunung stratovolcano yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Butak terletak berdekatan dengan Gunung Kawi. Tidak diketemukan catatan sejarah atas erupsi dari Gunung Butak sampai saat ini.

GUNUNG KAWI (2.651 MDPL) Aktif 
Gunung Kawi adalah sebuah gunung berapi di Jawa Timur, Indonesia, dekat dengan Gunung Butak. Tidak ada catatan sejarah mengenai letusan gunung berapi ini. Gunung Kawi, terletak di sebelah barat kota Malang merupakan obyek wisata yang perlu untuk dikunjungi bila kita berada di Jawa Timur karena keunikannya, obyek wisata ini lebih tepat dijuluki sebagai "kota di pegunungan". Di sini kita tidak akan menemukan suasana gunung yang sepi, tapi justru kita akan disuguhi sebuah pemandangan mirip di negeri tiongkok zaman dulu.
 

GUNUNG LIMAN (2.512 MDPL)
Gunung Liman
Gunung Liman adalah gunung yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini berada di sebelah tenggara dari Kota Madiun dan terletak di antara Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Nganjuk.


GUNUNG WILIS (2.552 MDPL)
Gunung Wilis dari arah barat
Gunung Wilis adalah sebuah gunung non-aktif yang terletak di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.552 meter, serta puncaknya berada di perbatasan antara enam kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek. Obyek wisata Gunung Wilis yang paling banyak adalah air terjun, namun belum begitu dikembangkan hingga saat ini. Daerah perbukitan Gunung Wilis pernah dilalui oleh Jendral Sudirman sebelum melakukan serangan sebelas maret ke Yogyakarta.     

GUNUNG BROMO (2.392 MDPL) Aktif
Gunung Bromo tampak dari Satelit 
Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

GUNUNG ANJASMORO (2.277 MDPL) 
 Gunung Anjasmoro merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa Indonesia, di daerah Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto, Kota Administratif Batu.  Ketinggian gunung ini ialah 2.277 meter.

GUNUNG IJEN (2.443 MDPL) Aktif
Kawah Gunung Ijen
Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 m dan telah empat kali meletus (1796, 1817, 1913, dan 1936). Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Bondowoso ataupun dari Banyuwangi. 
GUNUNG ARGOMAYANG (2.198 MDPL) 
Gunung Argomayang adalah sebuah gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur. 
GUNUNG KELUD (1.731 MDPL) Aktif 
Gunung Kelud
Gunung Kelud (sering disalahtuliskan menjadi Kelut yang berarti "sapu" dalam bahasa Jawa; dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet, atau Kloete) adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang masih aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar, kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri. 
GUNUNG PENANGGUNGAN (1.653 MDPL) Aktif
Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan (ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Letak gunung berapi tidur ini ini berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, berjarak kurang lebih 25 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.
GUNUNG RINGGIT (1.250 MDPL) Aktif 
Gunung Ringgit adalah sebuah gunung api di wilayah Klakah, Kabupaten Lumajang. Dari kaki gunung sampai puncaknya terbentang perkebunan yang dikembangkan pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1912.
GUNUNG BALURAN (1.247 MDPL)
Hutan Baluran

Gunung Baluran adalah sebuah gunung di Jawa Timur, Indonesia. Berketinggian 1.247 meter di atas permukaan laut, gunung ini merupakan gunung paling timur di Pulau Jawa dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin